jump to navigation

Questionaire October 5, 2009

Posted by Bima Hermastho in Appendices.
trackback
 
clip_image002

UNIVERSITAS DIPONEGORO

SEMARANG

FAKULTAS EKONOMI

PROGRAM DOKTOR ILMU EKONOMI

KAJIAN ILMU MANAJEMEN

 

 

 

 

 

Survei Diagnostik Organisasi

IMPLEMENTASI TQM DI INDONESIA :
PERAN STRATEGIS PRAKTEK MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN
BUDAYA ORGANISASI DALAM PENCAPAIAN KINERJA UNGGULAN TQM ORGANISASI

 

 

 

 

 

 

 

©2009

           
 
Bima HermasthoProgam Doktor Ilmu Ekonomi

Universitas Diponegoro

Semarang

 
Phone: +628122862849Email: bima@kotakpos.info
 
    clip_image003

 

Semarang, Oktober 2009

Para Profesional: 

 

Saya kandidat Doktor Ilmu Ekonomi dengan kajian Manajemen SDM di Universitas Diponegoro Semarang. Saat ini saya sedang melakukan penelitian yang terkait dengan impelementasi TQM (Total Quality Management) dan peran strategis praktek MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) serta budaya organisasi dalam mendukung pencapaian kinerja unggulan TQM.

Tujuan survei ini adalah untuk mengetahui lebih lanjut aspek-aspek utama yang sangat berpengaruh terhadap suksesnya implementasi TQM dalam kerangka organisasional.

Sebagai eksekutif senior, saya memahami waktu Anda yang sangat berharga, oleh karena itu saya mengharapkan Anda dapat bergabung mewakili perusahaan Anda untuk mengikuti survei ini dan sebagai apreasiasi akan kami berikan ringkasan eksekutif hasil penelitian yang saya lakukan. Saya yakin ringkasan penelitian ini akan dapat memberikan masukan yang berharga seputar permasalahan manajemen stratejik dan aspek manajerial dalam implementasi TQM di Indonesia.

Terlampir adalah instrumen lengkap penelitian, yang dilengkapi dengan amplop pengembalian dan perangko terbayar. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang penelitian ini, silahkan menghubungi kontak diatas.

Jika Anda ingin mengisi secara online, cukup dibutuhkan waktu 30 menit dan silahkan berkunjung di http://www.penelitian-online.co.cc

Terima kasih atas kerjasamanya.

Salam,

Bima Hermastho


Instruksi Umum

 

Terdapat lima bagian instrumen survei, yang terdiri dari : (1). Informasi Responden (2). Praktek MSDM (3). Budaya Organisasi (4). Kinerja TQM Berbasis Baldrige (5). Manajemen Perubahan. Ikutilah petunjuk pengisian kuesioner dibawah.

(1). Informasi Responden dan Petunjuk Pengisisan Kuesioner

1. Nama : ________________

r Pria r Wanita

2. Level Pendidikan :

r Sarjana (S1) r Master (S2)

r Doktor (S3) r Lainnya______________

3. Nama Perusahaan : ________________

4. Alamat Perusahaan : ________________

Phone________________ Fax________________

5. Bidang usaha :

r Manufaktur r Jasa

r Lainnya________________

6. Email : ________________

7. Position :

r Direktur r Manajer

r Staff/Supervisor Divisi : _______________

8. Tipe Perusahaan :

r Multi National Company

r Local Company

 

Petunjuk Pengisian Kuesioner 

 

Untuk pertanyaan yang bersifat tertutup

Dalam menjawab pertanyaan tertutup, cukup dengan membubuhkan tanda “ü” di tengah-tengah kotak yang disediakan. Jawaban tersebut dianggap yang paling sesuai dengan pendapat Bapak/Ibu. Misalnya:

 

“Promosi karyawan dilakukan berdasarkan kinerja karyawan yang bersangkutan”

 

Bila Anda menganggap bahwa pernyataan tersebut sangat tidak benar dan Anda sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut, maka bubuhkan tanda “ü” seperti contoh berikut:

Sangat Tidak Setuju þrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju

Bila Anda menganggap bahwa pernyataan tersebut agak mendekati kebenaran dan Anda agak setuju dengan pernyataan tersebut, maka bubuhkan tanda “ü” seperti contoh berikut:

Sangat Tidak Setuju rrrrrþrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju

 

Keterangan: Pengisian jawaban dilakukan hanya pada satu kotak dari sepuluh kotak yang disediakan.

 

Untuk pertanyaan yang bersifat terbuka:

Jawablah pertanyaan tersebut secara singkat dan jelas, misalnya:

 

“Apakah yang menjadi kendala dalam melakukan manajemen perubahan dan pembaharuan di dalam perusahaan anda ?”

 

Jawaban:

] Komitmen manajemen dan kreativitas yang rendah

] Infrastruktur dan sumber daya yang terbatas

] Tidak ada strategi yang sistematis

] Kualitas SDM

………….., dst.

(2). Kuesioner Praktek MSDM : Bagaimana pendapat Anda mengenai Praktek Manajemen SDM di perusahaan anda ?

 

a. Perusahaan melakukan perencanaan SDM (manpower planning) setiap tahun dan di monitor pelaksanaannya setiap kwartal. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
b. 75% posisi kosong (vacant position) di isi kandidat dari internal dan prosesnya dilakukan secara terbuka Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
c. Uji Potensi dan Uji Kompetensi melalui assessment center dilakukan sebagai dasar promosi dan rekruitmen karyawan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
d. Kebutuhan pelatihan (TNA) di evaluasi setiap bulan berdasarkan prioritas competency gap dan pencapaian KPI (Key Performance Indicator) utama Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
e. Laporan efektivitas pelaksanaan pelatihan didasarkan pada peningkatan kompetensi dan pencapaian KPI sebelum dan sesuadah pelatihan Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
f. Perusahaan memiliki Training Information System (database) untuk perencanaan dan pelaksanaan pelatihan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
g. Semua Departemen melakukan evaluasi Program Pelatihan setiap bulan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
h. Manajemen melakukan target setting setiap tahun dari level unit bisnis hingga level individual karyawan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
i. Umpan balik terhadap kinerja individu pekerja dilakukan 2 kali dalam setahun. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
j. Raport kinerja harian, mingguan, bulanan yang dicapai oleh setiap individu karyawan tercatat dengan baik sebagai dasar evaluasi kinerja. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
k. Kenaikan upah, bonus dan imbalan yang lain diberikan atas dasar prestasi yang dicapai oleh setiap pekerja Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
l. Secara keseluruhan imbalan yang diterima pekerja disesuaikan dengan kinerja perusahaan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
m. Promosi dilakukan berdasarkan kinerja individu bukan pada senioritas karyawan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
n. Perusahaan memiliki prosedur penanganan keluhan yang diketahui oleh setiap pekerja. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
o. Setiap pekerja berpartisipasi dalam tim-tim improvement dalam upaya membantu pencapaian target bisnis perusahaan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
p. Setiap tahun seluruh karyawan terlibat dalam survei organisasi sebagai input di dalam pengembangan organisasi. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
q. Penyampaian saran perbaikan (suggestion scheme) di-evaluasi setiap bulan oleh manajemen. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
r. Perusahaan menyampaikan informasi (information sharing) terkait dengan kondisi perusahaan setiap kwartal melalui media komunikasi yang ada. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
s. Manajemen setiap kwartal menyampaikan kembali visi, misi, target bisnis kepada seluruh karyawan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
t. Manajemen menyampaikan paparan kinerja operasional (misalnya: kualitas, efisiensi, produktivitas, kepuasan pelanggan, dll) kepada seluruh karyawan setiap kwartal. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
u. Manajemen setiap semester menyampaikan kinerja keuangan perusahaan (misalnya : rugi laba perusahaan, kinerja saham perusahaan, dll) Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
v. Manajemen setiap semester menyampaikan kinerja kompetitif perusahaan terhadap pesaing (misalnya : market share, strategi berkompetisi dengan kompetitor, dll.) Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju

 

 

 

clip_image004

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(3). Kuesioner Budaya Perusahaan : Bagaimana pendapat Anda mengenai budaya perusahaan di tempat anda ?

 

w. Ide-ide baru dari karyawan yang berkontribusi pada peningkatan kinerja di evaluasi setiap bulan oleh Manajemen. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
x. Target dan job description diketahui dengan jelas oleh setiap pekerja. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
y. Program Kaizen (Continuos Improvement) dijalankan dengan baik dan menjadi prioritas perusahaan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
z. Training untuk peningkatan kapabilitas (daya saing) ditargetkan 75 jam per karyawan setiap tahun. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
aa. Peningkatan kompetensi problem solving dan Achievement Motivation Training dilakukan secara ruti setiap tahun sekali. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
bb. Zero deffect dan Zero Complaint menjadi target setiap orang dalam melayani pelanggan internal dan eksternal. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju

 

clip_image005

(4). Kuesioner Kinerja Unggulan Standar Baldrige : Bagaimana pendapat Anda mengenai kinerja di perusahaan anda ?

 

cc. Setiap 6 bulan sekali para manajer berkumpul untuk mengevaluasi prioritas kebijakan kualitas perusahaan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
dd. Perusahaan memiliki sistem ERP/SAP yang digunakan untuk analisis data kinerja organisasi. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
ee. Setiap 6 bulan sekali perusahaan ini mengevaluasi rencana bisnisnya jangka panjang maupun jangka pendek. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
ff. Perencanaan dan evaluasi kinerja Divisi SDM dilakuakn setiap 6 bulan sekali berfokus pada pengembangan SDM berbasis kompetensi dan kinerja; mulai dari rekruitmen, pelatihan, sistem imbalan dan promosi. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
gg. Semua manajer terlibat aktif setiap bulan dalam mengevalusi kinerja SIPOC (Suplier-Input-Process-Output-Customer) Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
hh. Perusahaan kami selalu membandingkan kinerja operasi dengan benchmark, perusahaan yang memiliki kinerja terbaik di kelasnya. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
ii. Data pelanggan tersedia valid dan akurat yang digunakan untuk analisis peningkatan kepuasan pelanggan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju

 

 
  clip_image006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

(5). Kuesioner Manajemen Perubahan : Bagaimana pendapat Anda mengenai Praktek Manajemen Perubahan di perusahaan anda ?

jj. Target bergerak (moving targets) di evaluasi setiap bulan sekali dengan melibatkan semua manajer departemen. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
kk. Perusahaan setiap tahun melakukan teambuilding/outing/outwardbound lintas departemen maupun internal departemen untuk melibatkan karyawan secara aktif terhadap inisiatif-inisiatif perusahaan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
ll. Manajemen mengadakan setiap kwartal Forum Komunikasi Manajemen-Pekerja yang bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dari karyawan yang dipergunakan untuk mempertahankan momentum perubahan. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju
mm. Prestasi dan kesulitan yang dihadapi perusahaan selalu disampaikan secara terbuka dan transparan untuk mendorong perubahan yang lebih baik. Sangat Tidak Setuju rrrrrrrrrr1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Sangat Setuju

 

 

 

 

 

clip_image007

Comments»

1. VERAWATI - November 14, 2009

salam kenal mas bima

saya mahasiswa master jurusan pengukuran dan penilaian, mau tanya konsep mediating dan moderating dalam konsep AMOS. apakah bisa membantu saya menjelaskan konsep tsb beserta contohnya? dan jika ada buku AMOS bagus tentang 2 hal tsb mohon share info ya mas ? saya tunggu segera jawabannya

wassalam
bu vera
guru smkn 2 cikarang barat – bekasi

Bima Hermastho - November 16, 2009

Keunggulan AMOS adalah memperjelas mediating dan moderating dalam sebuah pesamaan struktural yang simpel. Jadi sangat bisa sekali mbak. Untuk buku AMOS yang lokal sudah banyak beredar. Bisa pesan di perpustakaan MM Undip kalau mau beli bukunya, bisa karangangan Prof Augusty atau Prof Imam. Silakan masuk di website MM undip dan pesan ke pengelola perpustakaan MM Undip (Mas Endhar). Buku panduan SEM AMOS yang versi bahasa inggris bisa juga di download di elib gigapedia.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: